widgets

Senin, 26 Agustus 2013

CARA MUDAH MENGENAL MICROSOFT OFFICE WORD 2007



MODUL I
MENGENAL MICROSOFT OFFICE WORD 2007

A.   Mengenal Microsoft Word 2007
      Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax.
      Selain digunakan untuk mengolah kata atau dokumen seperti diatas, anda juga dapat mengunakan fasilitas tambahan yang ada dalam microsoft word diantaranya adalah sebagai berikut :
·         ClipArt, yaitu fasilitas untuk menggunakan gambar-gambar bawaan dari program Microsoft Word tersebut.
·         WordArt, yaitu fasilitas untuk menggunakan model-model huruf atau bentuk huruf yang artistik.
·         Drawing, yaitu fasilitas untuk membuat bagan, denah, flowchart dll.
·         Math Eqution, yaitu untuk penulisan rumus matematika.
·         Chart, yaitu untuk membuat grafik.
      Software-software yang sejenis dengan Microsoft Word di antaranya Wordstar(WS), Word Perfect(WP), Chi Writer (CW), Ami Pro, Multi Plan, dan sebagainya.

B.   Menjalankan Microsoft Office Word 2007
      Sebelum menjalankan program Microsoft Word 2007 pastikan terlebih dahulu bahwa software Microsoft Word 2007 telah terinstal terlebih dahulu atau telah tersedia program Microsoft Word 2007 tersebut.
      Langkah-langkah menjalankan Microsoft Office Word 2007 :
ü  Klik tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
ü  Setelah muncul tampilan menunya pilih All Programs,
ü  Kemudian Microsoft Office dan
ü  Klik Microsoft Office Word 2007.
ü  Kemudian akan muncul gambar berikut :


C.    Mengenal Jendela Microsoft Office Word 2007
 Unsur-unsur utama Layar Ms Word.:
ü  Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum
dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.
Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize
dan menutup aplikasi word

ü  Office Button
Digunakan untuk:
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
            Disebelah kanan office button terdapat button  yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar

ü  ·Customize Quick Access Toolbar
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.

ü  Menu
Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut :
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.

ü  Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili
perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut :
ü  Kursor
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
ü  Penggulung Teks
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
ü  Memasukkan Teks
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada
Beberapa hal yang perlu diketahui:
·         Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
·         Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
·         Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
·         Tekan enter untuk menambah baris kosong.
·         Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
·         Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.

D.   Menperbaiki Teks
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :
ü  Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.

ü  Menggunakan Keyboard
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK
dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.


E.    Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button pada Toolbar. Akan muncul gambar berikut:
Pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Latihan Modul1.

F.    Menutup Dokumen
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.



G.   Membuka Dokumen
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box berikut:
Carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Latihan Modul1.docx yang sudah dibuat tadi.

H.   Keluar Dari Ms.Word
Click tombol  yang ada di pojok kanan atas window Word maka aplikasi word akan hilang.

I.      Latihan  :
Buatlah teks dibawah ini :
MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistemoperasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan MicrosoftWindows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
MODUL II
MENYUTING NASKAH

A.   Memulai Pembuatan Naskah
o   Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
o   Aturlah Margin lembar kerja
o   Ketiklah naskah yang diinginkan

B.   Mengatur Setting Halaman ( Margin Dan Ukuran Kertas )
1      Klik Page Layout 
a.  Klik Tab Margin
b.   Pilih bentuk margin yang diinginkan
c.  Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom Margin dan tentukan:
ü  Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
ü  Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
ü  Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
ü  Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
ü  Gutter : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan sebagai tempat penjilidan.
ü  Gutter Position : Letak gutter.
ü  Orientation : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait (memanjang) dan Landscape (melebar).
 
ü  Preview : Tampilan layar Word.
2      Paper Size
ü  Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang di inginkan.
ü  Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size Contoh : A4, Legal, dll.
                        Width : Menentukan ukuran lebar kertas.
                        Height : Menentukan ukuran tinggi kertas.
C.   Tata Cara Penulisan
Ø  Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
Ø  Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock.
Ø  Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
Ø  Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
Ø  Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
Ø  Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
Ø  Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
Ø  Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
Ø  Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
Ø  Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.
D.   Pengaturan Perataan Teks
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.

Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan
                             
E.    Memformat Karakter Huruf Pada Naskah
Ø  Dari menu Format Font
Ø  Font : Pengaturan huruf.
ü  Font : Memilih jenis huruf. Contoh : Arial, Tahoma, dll.
ü  Font Style : Bold (Memilih ketebalan huruf), Italic (Memiringkan huruf),Underline (Memilih garis bawah pada huruf).
ü  Size : Memilih ukuran huruf.
ü  Font Color : Memilih warna huruf.
ü  Underline Style : Memilih bentuk dan ketebalan garis bawah huruf.
ü  Underline Color : Warna garis bawah huruf.
ü  Effects : Menentukan efek cetak huruf.

Atau kita bisa mengatur format teks dari icon Toolbar Formatting.
Font : Memilih jenis huruf (Ctrl + Shift + F).            
Font Size : Memilih ukuran huruf (Ctrl + Shift + P).                       
Bold : Huruf cetak tebal (Ctrl + B).                                        
Italic : Huruf cetak miring (Ctrl + I).                                       
Underline : Menggaris bawahi huruf (Ctrl + U).                    
Font Color : Mewarnai huruf.                                                           
F.    Latihan
Buatlah teks dibawah ini :
LATIHAN MODUL 2
      Penyebaran virus dewasa ini semakin ganas, motif yang digunakanpun semakin beragam, mulai dari hanya sekedar ”pamer” , sampai dengan merusak dan mengambil data. Media penginfeksian pun semakin canggih mulai dari disket, LAN sampai internet. Ada satu hal yang pasti, penyebaran virus tersebut telah membawa dampak yang cukup besar (dan menyebalkan) bagi para pengguna komputer baik materiil maupun non materiil.
Maraknya penyebaran virus dan spyware, rupanya semakin memberikan semangat bagi para pembuat virus lokal untuk terus ”berkarya”. hal ini terbukti dengan keluarnya virus lokal baru dengan nama resmi W32/Kang.A atau lebih dikenal dengan nama Kangen. Dinamakan Kangen karena setiap komptuer yang terinfeksi akan menampilkan refrain lagu Kangen (Dewa 19) pada file MS Word atau wallpaper. Norman Virus Control mendeteksi virus ini pada tanggal 14 April 2005 sebagai W32/Kang.A.
Cara kerja virus Kangen mempunyai kemiripan dengan virus Pesin dengan beberapa perbedaan kecil. Sama seperti Pesin / MyHeart, Kangen menyebar melalui disket dan jaringan (File Sharing) dan akan membuat file yang mengandung virus mirip dengan dengan icon file dokumen MS. Word dengan ekstensi.EXE (contoh: Kangen.exe dengan ukuran 64kb). Dalam menyebarkan dirinya melalui jaringan (file sharing), Kangen tidak dapat berjalan secara otomatis melainkan memerlukan bantuan pihak ketiga untuk menjalankan file yang telah terinfeksi. Jika file ini dijalankan maka akan muncul dokumen MS. Word dengan teks Refrain lagu Kangen

Pengaturan Page Set Up:
ü  Kertas : A4
Margin :
ü  Left : 2.5
ü  Right : 2.5
ü  Top : 3
ü  Bottom : 3
Orientation : Portrait


MODUL III
MENGEDIT NASKAH

A.   Membuat Block Pada Teks
Ø  Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock
Ø  Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah (     ) ke awal kata / kalimat.
Atau bisa menggunakan Mouse
Ø  Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
Ø  Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock
Ø  Lepas klik mouse tersebut
Untuk menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat dalam jendela dokumen.

B.   Mengcopy Kata / Kalimat
Ø  Block kata / kalimat yang akan di-copy
Ø  Klik icon  atau dengan tombol Ctrl + C
Ø  Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
Ø  Klik icon  atau dengan tombol Ctrl + V

C.   Memindahkan Kata / Kalimat
Ø  Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
Ø  Klik klik icon  atau dengan tombol Ctrl + X
Ø  Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
Ø  Klik icon atau dengan tombol Ctrl + V


D.   Membatalkan Perintah
Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
         Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
      Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan
E.    Change Case
Ø  Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
Ø  Klik menu Home Font (Change Case)
ü  Sentence case      : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
ü  lowercase              : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
ü  UPPERCASE       : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
ü  Title Case              : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
ü  tONGLE cASE     : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil
F.    Find, Replace, and Go To
Ø  Find (Mencari)
ü  Klik icon atau tekan tombol Ctrl + F
ü  Ketik kata yang akan dicari di kotak Find What
ü  Klik Find Next untuk mencari
ü  Tutup jendela tampilan ( X ) Find and Replace
Ø  Replace (Mengganti)
ü  Klik icon atau tekan tombol Ctrl + H
ü  Ketik kata yang ada pada dokumen yang ingin diganti di kotak Find What
ü  Ketik kata pengganti di kotak Replace With
ü  Klik Replace All (Untuk mengganti semua kata) atau Replace (untuk mengganti satu kata saja)
ü  Tutup jendela tampilan Find and Replace
Ø  Go To (Menuju Ke Halaman Tertentu)
ü  Klik icon  atau tekan tombol Ctrl + G
ü  Ketik angka atau nomor halaman yang dituju pada Enter Page Number.
ü  Lalu klik Next

G.   Latihan
BAB V
KESIMPULAN

A.   SARAN
            Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai.
            Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai.

B.   PENUTUP
            Semoga makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia untuk lebih berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia sehingga mampu meningkatkan image bangsa di mata bangsa di dunia.


MODUL IV
FORMAT NASKAH

A.   Mengatur Paragraf dan Spasi
Ø  Klik icon Paragraph
Ø  Klik Indent and Spacing
Ø  Pada Spacing tentukan berapa spasi yang diinginkan
Ø  Klik Ok.
Atau dengan cara lain :
Ø  Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya
Ø  Tekan tombol kombinasi:
ü  Untuk 1 spasi tekan          Ctrl + 1 (Single)
ü  Untuk 1½ spasi tekan       Ctrl + 5 (1,5 lines)
ü  Untuk 2 spasi tekan          Ctrl + 2 (Double)

B.   Bullets and Numbering
Ø  Bullets
Ä  Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
Ä  Klik tab Home                  klik icon
Ä  Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
Ä  Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
Ä  Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
Ä  Klik OK
Ø  Numbered
Ä  Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered.
Ä  Klik tab Home                  klik icon
Ä  Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
Ä  Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
Ä  Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
Ä  Klik OK

C.   Borders and Shading
Ø  Dari tab Page Layout
Ø  Klik icon
ü  Page Border          : Membuat garis bingkai halaman.
ü  Setting                   : Memilih bentuk bingkai halaman.
ü  Style                      : Memilih bentuk garis bingkai halaman.
ü  Color                     : Memilih warna garis bingkai halaman.
ü  Width                     : Memilih ketebalan garis bingkai halaman.
ü  Art                                     : Memilih jenis bingkai halaman.
ü  Options                  : Memberikan pilihan pada jarak bingkai.
Ø  Klik OK

Columns
Ä  Klik tab Page Layout
Ä  Klik icon Columns
Ä  Tentukan jumlah kolom yang kalian inginkan
Ä  Jika tidak ada yang sesuai klik di More Coloums, kemudian tentukan jumlah kolom.

ü  Number of columns          : Menentukan jumlah kolom.
ü  Width                                 : Menentukan lebar kolom
ü  Preview                             : Melihat tampilan sementara
Ä  Klik OK
 

Drop Cap
Ä  Klik tab insert
Ä  Klik di Icon Drop Cap
Ä  Pilih Dropped atau In Margin
Ä  Seandainya bentuknya tidak sesuai klik di Drop Cap Options
Ä  Tentukan pengaturannya :
ü  Position                             : Pilih letak teks yang diinginkan.
ü  Font                                   : Pilih jenis huruf.
ü  Lines to drop                     : Tentukan jumlah baris tinggi drop cap.
ü  Distance from text             : Memodifikasi jarak drop cap dengan teks
Ä  Klik OK

D.   Latihan
BATUK


B
atuk merupakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas akibat virus, yakni infeksi pada hidung, sinus, dan saluran-saluran udara anda. Salesma dan influenza merupakan contoh yang umum. Batuk juga dapat timbul akibat iritasi tenggorokan karena keluarnya lendir ke bagian belakang tenggorokan. Batuk dimulai ketika suatu zat pengganggu mencapai salah satu reseptor di hidung,tenggorokan atau dada.


Atur format paragraph : 1,5 Lines
Pengaturan:
v  Buatlah tulisan ini dengan menggunakan bullet and numbering, font size huruf 14, jenis font arial, paragraph singel.
v  Simpan ketikan anda di dalam folder yang telah di tentukan dengan nama latihan Modul4, jika mengalami kendala harap di tanyakan.



MODUL V
FORMAT LANJUTAN

A.   Menyisip Nomor Halaman
Ø  Klik tab Insert
Ø  Klik icon Page Number
Ø  Klik tanda panah kebawah dan tentukan posisi number
Ø  Jika tidak ada yang sesuai, klik di Format Page Number
Ä  Format : Memodifikasikan format nomor halaman.
ü  Number format : Memilih format nomor halaman.
ü  Page numbering : Mengatur urutan nomor halaman.
ü  Continue from previous section : Penomoran halaman secara berurutan mulai dari awal hingga akhir.
ü  Start At : Pengaturan nomor halaman awal

B.   Membuat Header dan Footer
Ø  Klik di icon Header  atau Footer
Ø  Klik tanda panah ke bawah dan tentukan posisi Header
Ø  Isikan catatan atas pada kolom Header dan catatan bawah pada kolom Footer
Ø  Klik Close

C.   Membuat Teks WordArt
Ø  Klik di icon WordArt
Ø  Klik tanda panah kebawah dan pilih disain WordArt.
Ø  Edit WordArt Text: Ketik teks pada kotak teks.
ü  Font          : Memilih jenis huruf.
ü  Size           : Memilih ukuran huruf.
ü  B (Bold)    : Teks WordArt cetak tebal.
ü  I (Italic)     : teks WordArt cetak miring
Ø  Klik Ok

D.   Menyisip Gambar
Ø  Klik icon ClipArt
Ä  Pada pane tugas Insert ClipArt, klik Clip Organizer dan pilih gambar yang ada.
Ä  Klik perintah Copy dan tutup jendela Microsoft Clip Organizer
Ä  Klik perintah Paste
Ø  Memasukkan gambar dari File
Ä  Klik Icon Picture
Ä  Pilih file gambar yang ada – Klik tombol Insert

E.    Latihan

M
enurut Lani Sidharta (1996), walaupun secara fisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di Internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dsb. Internet merupakan sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh, maupun di dalam lingkungan perkantoran (cari referensi).

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
ü  Informasi untuk kehidupan pribadi, contoh: kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
ü  Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja, contoh: sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Satu hal yang paling menarik ialah pengguna internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang  sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Kelebihan sarana internet yang tidak mengenal batas geografis juga menjadikan internet sebagai sarana yang ideal untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh, baik melalui kursus tertulis maupun perkuliahan. Tentu saja ini menambah panjang daftar keuntungan bagi mereka yang memang ingin maju dengan memanfaatkan sarana internet.
 









MODUL VI
MEMBUAT TABEL

A.   Membuat Table Word
Ø  Klik tab Insert  K             Klik icon Table
 
Ø  Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan.
Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table
Ä  Table size : Ukuran table.
ü  Number of columns    : Tentukan jumlah kolom.
ü  Number of rows          : Tentukan jumlah baris
Ä  AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
Ä  AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
Ø  OK

B.   Fasilitas Pengolahan Tabel
Ø   Dari menu Table, pilih:
ü  Draw Table : Menggambar kotak tabel.
ü  Insert : Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
ü  Delete : Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
ü  Select : Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
ü  Merge Cells : Menggabungkan sel.
ü  Split Cells : Membagi sel.
ü  Split Table : Membagi tabel.
ü  Table AutoFormat : Memilih format tabel.
ü  Auto Fit : Mengepas kolom / baris otomatis.
ü  Heading Rows Repeat : Mengulangi judul tabel ke tabel halaman berikutnya.
ü  Convert : Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau sebaliknya.
ü  Sort : Mengurutkan data tabel.
ü  Formula : Operasi perhitungan data tabel.
ü  Hide Gridlines : Menyembunyikan garis bantu tabel.
ü  Table Properties : Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel

Cara Menggunakan Formula
Ø  Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus
Ø  Klik tab Layout
Ø  Klik di icon Formula
Ø  Isikan kotak Formula dengan
ü  =Product(Left) Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
ü  =Product(Right) Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan
ü  =Product(Above) Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
ü  =Sum(Left) Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
ü  =Sum(Right) Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
ü  =Sum(Above) Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
Ø  Klik OK


Contoh Product :
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Per Unit
Total Harga
Televisi
10
2000000
2000000
Kulkas
8
1200000

Parabola
12
1500000

Komputer
9
4000000

DVD Player
10
300000


Untuk Perkalian Gunakan Fungsi Product
=PRODUCT(LEFT)

C.   Latihan
A.
NO
NAMA
ALAMAT
PENDIDIKAN
E-MAIL
1.
Febri
Uteunkot
SMA
2.
Tia
Boloh Blang Ara
SMP
3.
Abral
Bayu
SD
4.
Ida
Kuta Makmur
Sarjana

B.
PERANGKAT KOMPUTER
HARDISK
FLOPPY DISK
CD-ROM
PROCESSOR
RAM
VGA

C.
TABEL GAJI KARYAWAN PT.APUN AGARA
KUTACANE
NAMA KARYAWAN
GAJI POKOK
BONUS
PRESTASI
TOTAL GAJI
BULANAN
Syawal
2500000
1000000

Baizura
5000000
1500000

Tuti
3200000
1200000

Nova
4000000
2000000

Zia
3500000
1800000

TOTAL PENGELUARAN GAJI




MODUL VII
MENGOLAH GRAFIK

Suatu perusahaan bianyanya memerlukan sebuah grafik untuk melihat perkembangan dan kemajuan dalam menentukan target yang diharpkan.
A.   Langkah – langkah Pembuatan Grafik
Adapun langkah-langkah dalam pembuatan grafik adalah sebagai berikut :
Ø  Pertama sorot tabel yang akan dibuat grafik


Komputer
Akutansi
Bhs. Inggris
Januari
60
54
89
Februari
65
67
89
Maret
56
56
56
April
78
76
56
 
Ø  Klik Pada Tab Insert
Ø  Dalam menu Insert klik Chart                 ,maka tampilan akan menjadi seperti ini :

 
Ø  Pilih salah satu type grafik pada bagian Templates, misalnya : Columns.
Ø  Lalu pilih salah satu bentuk grafik yang diinginkan
Ø  Kemudian klik Ok. Tampilan dilayar akan muncul sebagai berikut :


Ø  Klik pada bagian series-1 s/d series-3 dan category-1 s/d category-4 lalu ketik data sesuai dengan tabel, kemudian tutup lembaran kerja exel maka grafik akan berubah seperti ini :

B.   Menganti Grafik
Ø  Klik pada Grafik, kemudian kelik pada Tab menu design
Ø  Kemudian pilih change Chart Type
Ø  Pilih type grafik yang lain.
Ø  Klik OK

C.   Memberi Julul Grafik
Ø  Klik Pada Grafik, kemudain Tab menu Layout
Ø  Klik Chart Titles dan pilih Center Overlay Title
Ø  Kemudian ketikan Judul yang diinginkan.

D.   Latihan
Buatlah grafik dari Tabel Berikut ini.

PENDAPATAN RENTAL ABC AGARA
PER MINGGU
BULAN
MINGGU
PERTAMA
KEDUA
KETIGA
KEEMPAT
Januari
5000
6000
4500
6000
Februari
4000
5000
5500
5300
Maret
3800
7000
6500
5000
April
5000
6000
7000
7200



MODUL VIII
MENGGUNAKAN DRAWING

A.   Cara Menggunakan AutoShapes
Ø  Membuat AutoShape
Ä  Klik tab Insert                     Klik icon Shapes
Ä  Klik tanda panah kebawah
Ä  Pilih bentuk yang diinginkan
Ä  Letakkan penunjuk mouse diawal gambar lalu drag (seret) sesuai dengan keinginan, lalu lepas drag-nya.
Ø  Memasukkan Teks pada AutoShape
Ä  Klik gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
Ä  Klik icon Text Box
Ä  Klik pointer pada gambar AutoShape yang ingin diisi tulisan di dalamnya
Ä  Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut
Atau
Ä  Klik kanan gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
Ä  Klik Add Text
Ä  Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut
UNIVERSITAS GUNUNG LEUSER




B.   Latihan
YOURS ???

 
DIA LAGI NGAPAIN YA....???
GOOD LUCK!!!
LG MAEN GOLF SAYANG...

 

MODUL IX
MEMBUAT SURAT BERANGKAI (MAIL MERGE)

Membuat surat dengan mail merge yaitu membuat surat dalam jumlah banyak. Mail Merge digunakan untuk membuat surat pangilan, surat undangan, membuat nama-nama pada sertifikat dengan nama dan alamat yang berbeda.
A.   Langkah-Langkah Pembuatan Mail Merge
Ø  Klik Tab Menu Mailings
Ø  Kemudian klik Pilhan Start Mail Merge                , maka akan muncul dilayar tampilan sebagai berikut
Ø  Klik Step by Step mail Merge wizard.
Ø  Klik pada pilhan Next Starting document.
Ø  Kemudai Klik Next Select repients.
Ø  Klik Type a new list.
Ø  Klik Create.
   

Ø  Klik Customize Columns.
Ø  Hapus semua nama field yang ada bagian field Name, caranya dengan meng-klik Delete sampai tampilan kosong
Ø  Setelah itu klik Add
Ø  Ketikan Field yang akan dijadikan mail merge.
Ø  Setelah itu Klik Ok
Ø  Setah Ok, Simpan Data tersebut dengan kotak Save
Ø  Klik Insert Merge Field                      , Sehingga keluar nama-nama field seperti



Ø  Klik satu-satu field yang diinginkan pada tempat yang telah ditentukan.
Ø  Ingin melihat hasilnya tinggal kelik Preview Results

Ø  Ingin mencetak hasil silakan klik Finish & Merge



B.   Latihan
SURAT UDANGAN BELAJAR


Kepada Yth. Bapak/Ibu
«Nama»
Di
      «Tmpt_Tinggal»

Dengan hormat,
      Dengan ini kami mengundang bapak/ibu untuk mengikuti undangan belajar dalam rangka meningkatkan ilmu yang diembankan kepada bapak/Ibu yang bersangkutan :
Nama                                : «Nama»
Jenis Kelamin                   : «Jenis_Kelamin»
Tempat Tinggal                 : «Tmpt_Tinggal»

Jadwal Pembelajaran
Nama Pelajaran                : «Pelajaran»
Hari                                   : «Hari»
Jam                                   :  «Jam»  WIB s/d Selesai
Tempat Belajar                 : «Tempat»
      Demikian kami sampaikan, terimakasih.
                 
Wasalam


Bupati
Field mail merge :
Nama
Jenis Kelamin
Tmpt Tinggal
Pelajaran
Hari
Jam
Tempat
Riri
Perempuan
Kuning
Matematika
Senin
08.00
SMA
Dara
Perempuan
Bambel
Fisika
Senin
09.00
SMK
Suhemi
Laki-laki
Lawe Sumur
Olah Raga
Selasa
08.00
SMA
Bakri
Laki-laki
Lawe Perlak
Komputer
Rabu
10.00
SMK
Baihaki
Laki-Laki
Keran I
Biologi
Rabu
14.00
SMA
MODUL X
MENCETAK PADA AMPLOP DAN LABEL

Mencetak alamat dalam amplop biasanya digunakan hanya untuk nama alamat dan kota yang dituju untuk keperluan dalam acara resepsi pernikahan, khitanan, surat pangilan kerja dan lain-lain.
A.   Langkah Mencetak Alamat pada Amplop
Ø  Klik Menu Tab Mailings
Ø  Pilih dan klik Envelopes
Ø  Ketik alamat yang dituju pada kotak isian Delivery address. Contohnya seperti :
Ø  Ketik alamat si pengirim pada kotak isian Return address. Contohnya
Ø  Kemudain klik Add to Document untuk ditampilkan di dokumen. Contohnya
B.   Menentukan Ukuran Amplop dan Font
Sebelum mencetak dalam printer, Anda dapat menetukan terlebih dahulu letak atau posisi amplop sesuai dengan jenis dan ukuran amplop yang akan dipergunakan. Langkah untuk menentukan ukuran amplop dan font pada printer.
Ø  Pada tampilan Envelopes and Labels, Klik Option.
ü  Pada Bagian Envelopes size, pilih salah satu ukuran amplop yang dikehendaki.
ü  Pada bagian Delivery address dan Return address pilih Font untuk memilih jenis huruf.
Ø  Klik Ok, untuk mengakhiri penganturan.
C.   Menentukan Letak Amplop pada Printer.
Ø  Pada Envelopes Option, Klik Printing Option
 
ü  Pada bagian Feed Method, pilih salah satu letak atau posisi yang dikehendaki.
Ø  Klik OK, untuk mengakhiri.

D.   Mencetak Pada Label
Mencetak label dilakukan untuk membuat hasil print out pada kerta label yang telah disediakan,sesuai dengan model lebel yang di butuhkan.Di antaranya yaitu untuk membuat lebel CD, Kaset, Disket, dan lain – lain.
Ø  Klik Tab Menu Mailings  dan Klik Labels 
Ø  Klik Option
ü  Pada bagian label vendor pilih salah satu bentuk label, misalnya : Office depot
ü  Pada bagian Product number pilih salah satu model label yang dikehendaki, misalnya : Address 612-011.
Ø  Klik Ok
Ø  Klik New Document dan isikan Label yang diinginkan








MODUL XI
RUMUS

A.   Membuat Typesetting Matematis
Ø  Klik tab Insert  Klik icon Equation
Ä  Klik tanda panah kebawah dan pilih jenis Equation yang anda inginkan
Ä  Jika tidak ada yang cocok klik di Insert New Equation
Ä  Ketik Equation yang anda inginkan
Ä  Jika telah selesai klik sembarang tempat dalam lembaran kerja

Ø  Subscript (Pangkat bawah) dan Superscript (Pangkat Atas)

Superscripts
Subscript



Ä  Blok huruf atau kalimat yang akan dijadikan subscript atau superscript
Ä  Klik tab Insert dan klik icon Subscript atau Superscript
Ä  Dapat juga dengan mtekan tombol kombinasi:
ü  Ctrl + = atau klik icon (untuk subscript / huruf agak kecil dan kebawah sedikit)
ü  Ctrl + Shift + = atau klik icon (untuk superscript / huruf agak kecil dan sedikit ke atas)
B.   Latihan
Contoh :
Tentukan Invers dari matriks-matriks berukut :
a.    A =
b.    B =
Penyelesaian :
a.     
det A =  = (-10-(-12))=2.
Karena det A ≠ 0, maka matriks A mempunyai invers dan invers dari matriks A adalah :
A-1 =
b.     
det B =
karena det B = 0, maka matriks B tidak mempunyai Invers


MODUL XII
MENCETAK / PRINT

A.   Langkah yang dilakukan untuk mencetak dokumen adalah :
Ø  Klik icon Office Button
Ø  Pilih Print Atau tekan tombol alternatif Ctrl + P di keyboard
Ø  Tentukan jenis printer pada kotak Printer Name
Ø  Pada kotak Page range :
ü  All : Untuk mencetak semua lembaran pada file tersebut
ü  Current page : Mencetak hanya pada halaman dimana kursor itu  diletakkan
ü  Pages : Mengisi halaman dokumen yang akan dicetak
ü  Number of Copies Untuk mencetak dokumen berapa rangkap halaman yang akan di print
ü  Properties Untuk mengatur setup mencetak
Ø  Klik Ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar